11 April 2010

The Story of "Creative Junkies" book cover



Foto saya dengan Buku Creative Junkies by Yoris Sebastian
Mengapa saya taruh buku itu menempel di kepala sebelah kanan?
maksudnya adalah, bahwa isi buku ini sangat mempengaruhi otak kanan saya dalam melatih kreativitas dan melahirkan ide-ide baru yg inovatif.


Saya tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mewarnai cover buk
u ini.

Ide Yoris Sebastian membuat cover buku ini sesimple mungkin, mem
ang sangat brilian. Membaca timeline di twitter @yoris ,tentang wartawan yang mewarnai cover buku ini pada saat launching, menggugah saya untuk ikut mewarnai cover buku ini.
Terinspirasi dari isi buku ini di Chapter 3, akhirnya saya menemukan media untuk mewarnai buku ini :

- Limbah Buangan Tinta Printer (yang biasanya ada di bagian b
elakang printer dengan sistem infus)



- Tutup botol bekas minuman ringan (untuk menampung tinta)
- Sebatang lidi bekas (untuk meratakan tinta)





Berapa biaya yang saya keluarkan untuk semua ini?? Rp. 0 !!
Bahkan saya membantu mengurangi limbah buangan tinta yang biasanya mengotori parit depan rumah saya. kalau dalam jumlah banyak, tinta ini bisa mencemari air di sekitar kita.


Saya memberi ide di cover buku ini

Limbah buangan tinta printer yang hanya berwarna hitam itu, memang membuat saya tidak bisa berkreasi dengan banyak warna. makanya tak heran kalau mungkin cover buku saya tidak terlalu sedap dipandang. tapi disini saya ingin melatih kita melihat sesuatu dari berbagai sisi. okelah kalau cover buku saya hanya berwarna hitam putih, tapi coba kita lihat dengan hitam putihnya cover itu, saya bisa membantu mengurangi limbah yang terbuang di lingkungan kita. uang yang seharusnya bisa saya pergunakan untuk membeli spidol/crayon kualitas terbaik, bisa saya sumbangkan untuk anak anak penderita kanker, atau lembaga sosial lainnya.
lalu apakah kemudian kreativitas saya berkurang atau berhenti sampai disitu? tidak!

perhatikan bagian yang saya beri lingkaran kuning di cover buku ini :





Sekilas bagian yang saya lingkari tersebut seperti tanda seru (!)
maksudnya adalah : dalam berkreativitas, ide yang kita hasilkan harus bisa mencuri perhatian orang lain dan membuat orang lain terpesona dengan ide kita. tanda seru(!) biasanya digunakan untuk penegasan sesuatu.misal : awas!, diam!, jongkok!, dsb.
untungnya cover ini disertai grafis orang orang dengan ekspresi kaget, terkejut. jadilah saya memasukkan banyak sekali tanda seru di cover ini, yang artinya banyak sekali ide ide yang membuat orang-orang tersebut terkejut dan terpesona. kalau mereka sudah terpesona, dengan sendirinya mereka akan bergumam : OH MY GOODNESS! (dengan tanda seru tentunya).

tanda seru tersebut juga saya modifikasi dengan angka satu (1).
maksudnya adalah. ide yang mengagetkan dan mengagumkan tersebut, adalah ide ide nomor 1 atau ide ide terbaik, ide ide berkelas.

tanda seru yang saya modifikasi dengan angka 1 tersebut mungkin juga bisa menjadi logo untuk branding agar kita selalu menghasilkan ide ide kelas wahid (1) ide ide terbaik, yang membuat orang terkejut, kagum, dan berteriak : OH MY GOODNESS!


Terima kasih Yoris Sebastian

Yoris Sebastian dan buku Creative Junkies nya ini memberikan banyak pencerahan bagi saya pribadi dan bagi anda, tentang bagaimana untuk melatih sebuah kreativitas utk menghasilkan ide brilian dan orisinil. Yoris menunjukkan bahwa siapapun bisa menjadi orang yang kreatif. Bahkan dengan segala keterbatasan dan masalah yang dihadapi. pasti ada peluang dibaliknya.
Sebagai rasa terima kasih saya kepada pengarang buku ini, saya hadiahkan kaos berlogo "Satu Seru" (begitu saya menyebutnya) di cover belakang buku anda. :)






Bambang Heru Sulaksono
Balikpapan - Kalimantan Timur
e-mail : heru.sulaksono@gmail.com
twitter : @danheru

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo salam kenal,

Boleh tolong dikirim jpg ke saya hasil kreasinya dg resolusi yg agak tinggi? Ke info@mendioladesign.com
Mau kumpulkan hasil2 kreasi di atas karya kita :)

Salam,

Mendiola B. Wiryawan
Brand Experiece Designer

Retty Hakim (a.k.a. Maria Margaretta Vivijanti) mengatakan...

Hehehe seru juga nih ada pembaca yang kreatif...
Satu serunya mirip tanda tanya juga ya...orang kreatif memang perlu terus bertanya supaya bisa menghasilkan yang lebih kreatif lagi...
Saya nyasar ke sini karena baca status FB pengarangnya yang sudah melirik kreativitas dengan tinta printer ini.
salam blogger...

K.A.A mengatakan...

kreatifff abizzzzzzzz

K.A.A mengatakan...

Kreatiff bgt